Kacang Purut a.k.a Okra

Bismillah..




Kamu tau okra? Pernah dengar atau sudah pernah makan atau kamu belum tau sama sekali? Di kampung saya okra dikenal dengan nama kacang purut. Sudah lama sekali keluarga kami sering mengkonsuminya, biasanya dicampur dengan sayur daun pucuk singkong yang ditumbuk halus, sayur bening, atau untuk lalapan. Saat itu saya bahkan belum tau kalau nama indonesianya adalah okra. 

Dikebun orang tua saya tanaman ini tumbuh subur jadi tidak perlu membelinya ke pasar. Kalau di kampung halaman saya di Kab. Malinau yang terletak di bagian utara Kalimantan jenis polong-polongan ini mudah ditemukan dan harganya juga murah. Tapi kalau di tempat tinggal saya sekarang sulit sekali mencari okra ini. Tidak pernah sekalipun menemukan okra ini di pasar. Domisili saya sekarang di Timur Kalimantan tepatnya di Tenggarong Kutai Kartanegara. Pernah nitip ke paklek sayur tapi katanya tidak pernah menemukan okra ini di jual di pasar, hmm.

Suatu pagi di Desember lalu, saya dengan nisa sahabat saya jogging pagi seperti biasa, kemudian selesai jogging kami iseng mampir ke perkebunan milik gabungan kelompok tani di waduk panji, lokasi seputaran tempat jogging kami. Kaget, haru, rasanya pengen lompat, pengen teriak hore sekencang-kencangnya. Saya melihat ada 2 pokok pohon okra disana yang sedang berbuah lebat.  Saya seperti anak kecil yang sedang kegirangan. Langsung saya datangi si bapak pemilik kebun. Saya tanya okranya dijual berapaan. Si Bapak menjawab dengan santai, ambil aja mba kalau mau, ngga saya jual karena ngga ada yang mau dan ngga ada yang bisa makan. Saya menganga dan berkata haaa, antara percaya dan tidak saya dapat okra gratisan. Tanpa bertanya lagi saya dan nisa langsung memanen okra dan tentu saja memilih okra yang masih muda dan menyisakan yang sudah tua di pohonnya. Selain okra kami juga membeli selada hijau dan pokcoy.

Tidak hanya enak okra banyak manfaatnya lho. Selama ini saya hanya tau makan saja tanpa tau manfaatnya. Akhirnya saya googling dan mendapatkan informasi kalau okra adalah tanaman jenis polong-polongan yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya bisa untuk membantu menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, baik untuk kesehatan pencernaan dan juga mencegah konstipasi. Kamu bisa cek lengkap di sini : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-okra-untuk-kesehatan/

Jadi jangan takut makan okra ya, teksturnya memang agak berlendir kalau sudah di masak tapi rasanya ada manis-manisnya gitu, cocok untuk di cocol dengan sambel terasi atau sambel pecel. Jangan lupa bikin sambelnya pedes-pedes yak biar makannya nikmat smapai keringatan hehehe..


Selamat menikmati okra yaa..

Komentar

Postingan Populer