Roti Goreng / Donat Donat Tanpa Telur dan Tanpa Mixer

Bismillah..

Apa kabarmu hari ini, semoga apapun yang kamu lakukan akan membuat kamu bahagia dan memberikan manfaat untukmu serta orang-orang yang dekat denganmu juga menyayangimu.

Senin ini cuaca di wilayah kalimantan bagian timur cukup panas dan berangin. Berharap hari ini akan hujan tapi sampai matahari meninggalkan tahtanya hujan tak kunjung datang. Walau begitu tetap harus disyukuri ya karena semua sudah mengikuti alur dan takdir yang Allah tentukan.

Hari ini saya sempatkan lagi menulis, mengisi blog yang sudah gersang dan terlantar begitu lama. Mudah-mudahan semangat menulis ini terjaga dan otak yang sudah berumur ini tetap mendapatkan inspirasi, jadi bisa terus berbagi disini.

Arraseo.... sesuai dengan judul postingannya, hari ini saya mau berbagi info resep donat tanpa telur. Donat yang sering saya buatkan untuk anak-anak. Donat inilah yang paling sering hadir menemani waktu istirahat sore anak-anak. Ada berbagai macam donat yang saya tampilin disini, ada donat labu kuning, donat ubi ungu juga donat kampung rasa jaman kecil saya dulu tapi intinya adalah semua donat ini saya buat tanpa telur, tanpa mixer dan mudah sekali dalam proses pembuatannya.


Karena tidak untuk dijual jadi saat proses mengadonnya saya tidak pakai acara banting atau diuleni sampai benar-benar kalis. Kenapa? Pertama karena saya kurang sabar dan kedua, anak-anak selalu bertanya kapan selesai donatnya bun, sudah pengen. Bayangin, lagi mengadon tapi anak-anak sudah grasak grusuk bolak balik nengok dan nanya kapan jadinya. Kalau sudah ditanya saya cuma jawab ntar atau sabar ya.

Kalau kamu pengen nyobain resepnya, silahkan simak resepnya berikut ya..

Donat Tanpa Telur, Tanpa Mixer

Bahan-bahan:
- 300 gr tepung terigu serba guna
- Ubi ungu, labu kuning yang sudah dikukus sebelumnya (opsional)
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdm margarin
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt ragi instan
- 1/2 sdt sp/tbm/ovalet (opsional)
- Secukupnya air
- Topping sesuai selera

Cara membuat:
Campurkan tepung, gula, ragi instan, garam, ubi ungu atau labu kuning. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni. Setelah adonan tercampur rata dan tidak menggumpal tambahkan margarin. Uleni sebentar lagi kemudian bentuk bulat dan istirahatkan adonan. Penampakan sepert ini ya:

Donat Ubi Ungu

Istirahatkan adonan dengan cara ditutup dengan serbet dan selama 40 menit sampai 1 jam. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dan bentuk sesuai selera. hhmm.. sayang sekali saya tidak menemukan file foto saat adonan saya sudah mengembang... mianhae..
Setelah dibentuk sesuai selera biarkan adonan sebentar lagi kira-kira 5- 10 menit. Setelah itu donat siap nyemplung ke penggorengan.

Donat Ubi Ungu
Donat Ubi Ungu

Lupakan dan abaikan bentuk juga ukuran yang tidak sama. Tampilan luar boleh biasa tapi rasa di dalam insya Allah lembut dan enak.


Donat Labu Kuning



 




Gimana, donatnya cukup tidak membuat laparmu mampir? Selama nulis ini ni, khansa saya sudah bolak balik bilang, bun bikin lagi donat labunya, bun besok bikin lagi ya, kakak mau yang keju, adek mau yang coklat. Saya sambil tetap ngetik cuma bisa bilang hmm, iya nanti. hehehehe...

Haaaa... waktu di laptop sudah menunjukkan pukul 21;02 Wita. Besok kita ketemu lagi di sini, ngobrolin resep, ngobrolin makanan atau mungkin besok akan ada cerita yang lain... Biidznillah..

Selamat istirahat bersama orang-orang tercintamu..

Komentar


  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer